top of page
  • Gambar penulisRiaputra Metalindo

Trik Jitu Jualan Barang KOMODITAS

Diperbarui: 19 Nov 2021

Menurut Bapak, susah gak menjual barang yang SAMA PERSIS dengan produknya orang lain? Kira-kira apa yang menjadikan produk Bapak lebih laku dari produk setipe milik toko sebelah?


Ya, ini pasti jadi salah satu MASALAH UTAMA pebisnis barang komoditas. Produk-produk seperti minyak, air, kayu, karet, bahan pangan, dan besi adalah barang komoditas yang mana HARGA adalah penentu utamanya.



Contoh barang-barang komoditas. Sumber : indoforwarding.com


Artinya, karena produk-produk ini setipe, pembeli akan mencari penjual atau supplier mana yang memberikan HARGA paling ISTIMEWA untuk dibeli. Singkatnya, tidak ada loyalitas pelanggan untuk produk tersebut.


Memang masih ada beberapa produk komoditas yang bisa dibranding atau diberi merk agar harga jualnya bisa lebih tinggi, misalnya Aqua sebagai air mineral. Tapi masalahnya tidak semua jenis komoditas punya keistimewaan seperti ini.


Tidak bisa dipungkiri, persaingan bisnis untuk produk komoditas memang sangat ketat dan sulit untuk dikuasai. RPM melihat kesulitan ini pun dialami pebisnis besi di tengah sulitnya stok di pasar, harga semakin meningkat, dan kompetitor semakin bermunculan.


Mengatasinya, banyak pemain besi memberi diskon besar sebagai penarik perhatian pelanggan. Sekilas tampak seperti ide yang cemerlang, tapi sayang, cara itu tidak akan efektif atau bertahan untuk jangka waktu yang lama. Mengapa demikian?

Pada industri besi, membangun loyalitas itu tidak semudah teorinya, apalagi jika berhubungan dengan orang yang mindsetnya hanya profit.

Tapi, kami melihat bahwa pada umumnya manusia lebih cepat membuat keputusan atau pembelian dengan perasaan.

Dari pemikiran inilah, trik jitu RPM untuk bisa bertahan di bisnis komoditas adalah : - Membangun hubungan baik dengan semua pelanggan, dijamin deh bisnis Bapak bisa lebih lancar.

- Bapak harus PEKA dengan kondisi kompetitor, artinya Bapak harus bisa membaca apa yang tidak dimiliki kompetitor, bisa dijadikan nilai lebih yang ditawarkan oleh toko Bapak.


Ya, kuncinya hanya MENJALIN HUBUNGAN BAIK dan BISA MENJADI SOLUSI UNTUK PELANGGAN itu Pak!


Gimana Pak? Strategi kami bisa ditiru Pak, siapa tahu membantu. Atau Bapak butuh informasi seputar bisnis besi lainnya? Bisa langsung follow kami di Instagram @riaputrametalindo.



26 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page