top of page
  • Gambar penulisRiaputra Metalindo

TIPS CERDAS : Cara Cek Harga Besi

Diperbarui: 31 Jul 2023

Berbisnis besi sangat menyenangkan karena perputarannya sangatlah cepat. Tetapi, berbisnis besi sendiri juga menegangkan karena harganya yang cepat berubah-ubah. Banyak sekali hal yang mempengaruhi pergerakkan harga besi, baik secara teknikal maupun secara fundamental. Jika Bapak sedang bermain saham atau berinvestasi di emas, memprediksi harga besi hampir sama dengan keduanya.


Bahkan bisa dikatakan untuk harga besi sendiri lebih banyak faktor yang mempengaruhi pergerakkannya, seperti konten kami sebelumnya. Contohnya saja, Bapak pasti pernah merasakan saat berjualan besi di musim penghujan lebih sulit dibandingkan menjual besi di musim kemarau. Hal ini disebabkan oleh sifat besi yang mudah berkarat jika terkena air. Pengerjaan proyek pembangunan pun harus ditunda jika sudah mulai memasuki musim hujan. Atau para tukang bangunan akan kebut-kebutan untuk mengejar waktu agar proses pemasangan pondasi menggunakan besi beton tidak terkena hujan.


Memasuki tahun 2022 ini, banyak sekali pebisnis besi yang bertanya pada tim RPM mengenai prediksi harga kedepannya. Apakah bisnis besi ini masih akan tetap cerah di tahun ini? Jawabannya, RPM sendiri tidak bisa menjamin pastinya mengenai harga, tetapi yang kami tahu bahwa besi akan terus dibutuhkan karena pembangunan akan terus dilakukan oleh Indonesia dan negara-negara lainnya. Karena jika suatu negara berhenti melakukan pembangunan, maka negara tersebut dapat dikatakan sudah berhenti berkembang atau bertumbuh.


Jadi, untuk bisnis besi sendiri tentu masih banyak peluang yang dapat dilakukan, tergantung dari kita apakah mampu mengikuti perkembangan yang terjadi di pasar besi maupun di dunia ini. Maka dari itu, penting sekali untuk Bapak ketahui bagaimana caranya memprediksi harga besi. Walaupun tidak 100% akurat, setidaknya Bapak memiliki prediksi akan bagaimana arah bergeraknya harga maupun di harga berapa setidaknya Bapak harus jual rugi sedikit.


Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan prediksi harga besi, beberapa di antaranya adalah:


Membaca Berita secara Berkala


Sumber : Google Picture

Membaca berita mungkin terlihat sederhana atau membosankan, tetapi dengan membaca berita yang ada, kita bisa mendapat wawasan baru. Baik itu berita dalam negeri maupun berita mancanegara, karena harga besi tidak hanya bergantung pada berita lokal saja. Apalagi untuk pebisnis besi, berita mengenai perekonomian China merupakan hal yang sangat penting dan patut dibaca, mengingat China sebagai salah satu negara yang berpengaruh besar terhadap harga besi. Berita mengenai pembangunan dalam negeri maupun luar negeri pun bisa Bapak baca untuk menambah wawasan. Dengan mengetahui bagaimana pembangunan yang sedang berjalan maupun yang akan berjalan bisa meningkatkan optimisme kita sebagai pebisnis besi. Selain itu, informasi tentang pembangunan lokal juga akan membantu Bapak dapat mengetahui lokasi strategis untuk mengembangkan jangkauan pasar sehingga pendapatan juga meningkat. Mengapa ini penting? Karena faktanya adalah harga besi suatu daerah dapat berbeda dengan daerah lainnya, ada faktor logistik dan situasi pasar yang berperan terhadap harga besi tersebut. Untuk membantu Bapak mendapat berita tentang bisnis besi, ada beberapa website yang bisa Bapak gunakan untuk mencari berita ekonomi, infrastruktur, bahkan berita mengenai harga besi secara gratis dan berbayar. Contohnya, CNBC Indonesia, CNN Indonesia, BBC, Investing.com, Argusmedia.com, Metalbulletin.com (berbayar), dan lain-lain. Selamat mencoba 😉 Mengikuti Pergerakkan Harga Komoditas Lainnya


Sumber : Google Picture


Mencari berita lokal mengenai pergerakkan harga besi tidaklah mudah, bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada yang up-to-date. Tetapi, berbeda dengan mencari berita mengenai harga besi dari website luar negeri, informasinya sangat mudah ditemukan. Namun sayangnya, sangat sedikit dari ulasan tersebut memaparkan data yang lengkap jika Bapak mencarinya secara GRATIS. Walau begitu, masih ada cara lain agar Bapak tetap bisa melakukan prediksi harga besi.


Dengan mengikuti perkembangan harga barang komoditas lain yang berhubungan dengan besi, kita bisa melakukan analisa untuk pergerakkan harga besi. Pertama-tama, yang Bapak harus pahami adalah untuk memproduksi besi, dibutuhkan bahan baku maupun energi untuk mengolahnya. Lalu, Bapak juga harus tahu dulu komoditas apa saja yang mempengaruhi harga produksi maupun harga pasaran besi.


Bertanya dan Mengamati Situasi Pasar


Sumber : Google Picture


Membaca berita saja tidak cukup apalagi dengan minimnya media yang meliput tentang pergerakkan harga besi lokal jika tidak terlalu signifikan. Turun langsung ke lapangan dan mengamati situasi pasar sangat dibutuhkan dan penting untuk dilakukan. Jangan malu untuk bertanya dengan klien Bapak mengenai keadaan dan permintaan pasar besi di lapangan. Walaupun harga komoditas lain dan energi naik, tetapi jika permintaan pasar besi sedang lesu, harga bisa turun karena permintaan pasar menjadi salah satu faktor besar yang mempengaruhi harga besi.


Kuncinya untuk pergerakan harga komoditas adalah jika stok/suplai sedang banyak dan permintaan pasar lesu, harga kemungkinan besar akan turun. Tapi, jika stok/suplai kering dan permintaan pasarnya tinggi, harganya akan semakin tinggi. Jadi, sering-seringlah untuk bertanya dengan klien atau teman yang memang terjun langsung di lapangan untuk mengamati situasi pasar besi.


Mengumpulkan Data dan Berita untuk Dianalisa


Sumber : Google Picture



Membaca berita dan bertanya dengan narasumber di lapangan saja masih belum cukup lengkap untuk mengetahui kemungkinan pergerakkan harga besi. Dengan semua data yang terkumpul, Bapak juga harus melakukan analisa dari data tersebut. Bapak juga perlu melatih kemampuan logika untuk memahami kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Karena membaca data membutuhkan kemampuan dan kebiasaan. Saran RPM, sering-seringlah untuk belajar melakukannya.


Menganalisa Data dan Pengalaman Pribadi Sebelumnya


Sumber : Google Picture


Untuk cara kelima ini biasanya lebih mudah dilakukan oleh pebisnis besi yang sudah berpengalaman beberapa tahun untuk mengkaitkannya dengan pengalaman pribadinya. Tetapi, untuk pebisnis besi pemula mungkin akan kesulitan karena baru terjun di bidang ini. Data bisa didapatkan dengan cara membaca berita dan bertanya pada pebisnis besi lainnya, tapi pengalaman hanya bisa Bapak dapatkan setelah mengalaminya.


Tidak perlu berkecil hati jika Bapak masih baru memulai berbisnis besi dan merasa belum ada pengalaman untuk dijadikan patokan. Bapak bisa belajar dengan berinteraksi dengan sesama pebisnis besi lainnya. RPM juga sangat ingin dan siap untuk membantu memberikan info kepada Bapak karena kami pun mulanya juga pemula di bisnis ini dan sampai saat ini pun masih belajar untuk menjadi lebih baik di bisnis ini.


Info pergerakkan harga besi biasanya kami update di akun Instagram @riaputrametalindo secara GRATIS. Follow kami dan ikuti konten kami untuk info seputar bisnis besi. Walaupun prediksi harga besi dari kami tidak 100% akurat, tapi kami berharap konten kami bisa membantu memberikan pencerahan untuk Bapak dalam memprediksi harga besi. Selamat berbisnis bersama kami!

234 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page