• Riaputra Metalindo

Prediksi Harga Besi di November 2021

Diperbarui: 22 Nov 2021

Setelah harga besi dikabarkan terus mengalami GANTI HARGA hampir di 10 bulan ini, kali ini harga besi mulai berbalik arah. Tapi pebisnis besi wajib tetap WASPADA! Ini alasannya..

Sumber : Google Picture


Seperti biasanya, permintaan besi ketika memasuki kuartal keempat tiap tahunnya memang mengalami penurunan. Penyebabnya selain karena musim penghujan tiba, biasanya beberapa proyek sudah memasuki tahap penyelesaian (pekerjaan proyek sudah tidak membuat struktur dan sudah beralih ke tahap pengecatan, pemasangan keramik, pemasangan genteng, dll).


Dengan turunnya permintaan pasar yang cukup signifikan, ditambah dengan informasi turunnya harga bijih besi (iron ore) yang drastis di pertengahan November ini, membuat harga besi pun akhirnya bertekuk lutut. Maklum, bijih besi menjadi salah satu bahan baku yang punya peranan penting pada industri besi maupun baja.



Sumber : Investing.com


Prediksi penurunan harga besi juga diperkuat dari temuan tim RPM di lapangan dari berbagai sumber, Pak. Beberapa distributor besi dan toko bangunan besar pun mulai mengubah harganya dan membuang stok besi di gudang.


Nah, kalau saat ini stok besi di gudang Bapak MASIH BERLEBIH dan pasar di sekitar Bapak masih BAGUS, SEGERA PERTIMBANGKAN untuk mulai melepas stok besi tersebut secara perlahan!

Tapi HATI-HATI juga ya Pak. Meskipun harga besi turu cukup signifikan dalam pekan ini, kami pun tetap waspada. Informasi dari beberapa pabrik besi besar yang menjalin kerjasama dengan RPM menyatakan kalau sampai saat ini, ada beberapa bahan baku yang ketersediaannya masih langka. Di sisi lain, beberapa pedagang besi tua lokal pun menyatakan bahwa harga scrap lokal mengalami sedikit kenaikan harga.


Keadaan ini yang membuat dilema tetap kami rasakan. Analisa kami saat ini, jika pasar kembali sehat sementara ketersediaan bahan baku belum membaik atau ada yang mengalami kenaikan harga, tidak menutup kemungkinan harga besi di akhir tahun 2020 lalu pun terjadi kembali.


Kejadian kala itu : permintaan besi memang tidak banyak, tapi harga besi secara perlahan mengalami kenaikan terus, Pak. Masih ingat?


Maka dari itu, sebagai pebisnis besi seharusnya kita selalu UPDATE akan informasi seputar faktor penggerak perubahan harga besi. Tapi nyatanya, informasi ini SANGAT SULIT ditemukan di google Pak.


Daripada Bapak buang waktu untuk mencari dan menganalisa, Bapak tinggal berteman saja dengan PT. Riaputra Metalindo : bisnisnya kepala keluarga Indonesia.

Bapak bisa langsung follow kami di Instagram @riaputrametalindo atau hubungi kami melalui WA : https://wa.me/6282131161505.

80 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua