top of page
  • Gambar penulisRiaputra Metalindo

Ini Dia Ukuran Besi Beton yang Sesuai Aturan SNI !

Diperbarui: 31 Jul 2023

Bagi Anda yang menggeluti industri material bangunan atau lebih spesifik ke bisnis besi, tentu setuju apabila besi beton dikategorikan ke dalam salah satu produk yang cukup laris. Alasannya, proyek konstruksi apapun masih memilih menggunakan besi tulangan ini sebagai material pembesian fondasi dan struktur bangunan dasar.


Besi beton memang masih menjadi salah satu material bangunan yang dipilih oleh kebanyakan kontraktor dibanding dengan wire mesh atau bambu untuk struktur bangunan. Selain kekuatan besi beton yang memang terbukti kokoh untuk melengkapi cor beton sebuah bangunan, stok besi beton lebih mudah ditemukan di pasaran.


Di sisi lain jika ditinjau dari harganya, sebatang besi beton juga memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan material tulangan alternatif lainnya. Dari segi bentuknya pun, besi beton punya keuntungan sendiri, yaitu bersifat multifungsi atau bisa dibentuk menjadi bentuk tertentu sesuai dengan kebutuhan pembangunan.


Tapi tahukah Bapak jika selama ini sangat banyak besi beton non-SNI yang dijual di pasaran dan memiliki bentuk yang sangat mirip dengan besi SNI?


Sesuai namanya, besi beton non-SNI punya spesifikasi di luar dari besi beton yang sudah diuji oleh Badan Standarisasi Nasional dan memiliki sertifikat SNI dari Kementrian Perindustrian.

Artinya, besi beton non-SNI pasti memiliki ukuran diameter besi LEBIH KECIL dari diameter besi beton SNI. Atau biasanya oleh penjual atau oknum yang sering menggunakan besi beton non-SNI diberi istilah sendiri. Istilah-istilah ini tentu di luar ukuran besi beton yang ada dalam tabel SNI yang berlaku.

Nah supaya Bapak tidak tertipu, RPM bagikan tabel ukuran besi beton sesuai dengan aturan SNI yang dirangkum oleh Badan Standarisasi Nasional :



Sumber : File BSN - SNI 2052:2017 "Baja Tulangan Beton"



Sumber : File BSN - SNI 2052:2017 "Baja Tulangan Beton"


Nah sekarang Bapak sudah tahu kan ukuran besi beton yang AMAN dan TERUJI secara SNI? Jangan sampai tertipu supplier yang mau mengambil keuntungan sendiri ya Pak!


Bapak ingin tahu rahasia seputar berbisnis besi lainnya? Bisa langsung follow kami di Instagram @riaputrametalindo.






2.233 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page