top of page
  • Gambar penulisRiaputra Metalindo

Harga Besi Beton Ulir Lebih Mahal daripada Besi Beton Polos? YAKIN?

Diperbarui: 31 Jul 2023

Besi Ulir 10-nya ganti polos 10 saja Bos, saya menyesuaikan budget. Polos 10 harganya berapa?

Loh kok harganya sama saja? Kan saya ganti besi ulirnya ke besi polos Bos!

Gambar : data internal PT. Riaputra Metalindo


Ternyata tidak sedikit pemain besi yang punya pemahaman bahwa besi beton ulir memiliki harga jual LEBIH MAHAL dibandingkan dengan harga besi beton polos. Penyebabnya bisa jadi karena besi beton ulir dianggap membutuhkan biaya ekstra untuk membuat bentuk uliran pada batang besinya itu. Lalu bagaimana fakta sebenarnya?


Anggapan di atas tidak 100 persen keliru. Alasannya, ada beberapa pabrik besi besar yang memang menjual besi beton ulir dan polos dengan beda harga karena pabrik tersebut memasukkan biaya proses ulir ke dalam harga besi yang mereka produksi.


Hal ini masuk akal mengingat proses membuat besi memiliki bentuk ulir memang membutuhkan tenaga pekerja tambahan yang mengoperasikan mesin ulir itu sendiri. Belum lagi biaya operasional yang harus dikeluarkan pabrik untuk membayar listrik dan bahan bakar mesin ulir tersebut.


Di sisi lain, ada juga kejadian khusus yang membuat pabrik membedakan harga besi polos dan ulirnya. Yaitu, jika sebuah pabrik tiba-tiba harus menghentikan jadwal produksinya di hari itu untuk membuat besi beton ulir ukuran tertentu atas permintaan yang sangat besar dan mendadak. Bisa jadi besi beton ulir yang diproduksikan mendadak ini harganya berbeda cukup signifikan daripada harga yang diberikan biasanya.

Tapi, selama RPM berbisnis besi, konsep dasar orang berdagang besi itu hanya satu: HARGA BESI ITU hanya dipengaruhi oleh BERAT BESINYA.

Karena meskipun besi tersebut adalah besi polos atau ulir, SEHARUSNYA berat besinya pun SAMA. Misalnya besi polos 10 dengan besi ulir 10 berat besinya sama-sama 6.82 kg (berat timbang nyata).


Artinya, selama diameter besi tersebut SAMA, berat besinya pun SAMA, sampai panjang besinya pun SAMA, seharusnya harga besi ulir atau polos ini pun SAMA.


Tapi, jika di pasaran Bapak atau Ibu masih menemukan harga besi beton polos dan ulir memiliki perbedaan harga, JANGAN ASAL TUDUH juga ya Pak/Bu. Bisa jadi, pabrik atau distributor yang memberikan perbedaan harga di besi beton polos dan ulir ini punya alasan khusus seperti informasi dari RPM di atas.


Mau tahu informasi seputar besi lainnya?

Follow aja Instagram RPM di @riaputrametalindo ;)

70 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page