PT. RIAPUTRA

METALINDO

Cari
  • Riaputra Metalindo

Cara Menghitung Berat Besi Beton

Diperbarui: Jan 5

Mengapa perlu mengetahui cara menghitung berat besi beton per batang?



Sebagai pebisnis besi, tentu kamu ingin mendapatkan keuntungan yang besar dengan produk yang memiliki kualitas sesuai dengan Standart Nasional Indonesia (SNI), bukan? Kedua faktor ini (harga dan kualitas besi) dapat kamu ketahui dengan cara menghitung berat besi betonnya.


Coba bayangkan, jika kamu hendak memesan besi polos 10 SNI sertifikat, namun secara berat besi beton dengan biaya yang kamu keluarkan tidak sesuai, bisa rugi bandar dong! Hal ini tidak menutup kemungkinan bisa terjadi loh meskipun kamu sudah memesan besi beton di sales dari perusahaan ternama. Penyebabnya adalah karena setiap besi beton yang diproduksi oleh tiap pabrik, memiliki nilai toleransi yang berbeda (namun pastikan toleransinya masih sesuai dengan kajian toleransi SNI ya).


Nah karena adanya jarak toleransi yang berbeda ini, kami menyarankan kamu wajib untuk tahu rumus perhitungan berat besi beton sehingga untuk membayarnya pun kamu tidak akan merugi. Ada baiknya sebelum besi beton kamu bayar, mintalah kepada sales yang bersangkutan supaya memperbolehkanmu untuk melakukan pengukuran besi menggunakan sketmat yang akurat.


Sayangnya, memang tidak semua sales atau perusahaan besi memiliki layanan seperti ini. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena PT. Riaputra Metalindo memberikan kesempatan para pembeli untuk melakukan pengecekkan produk pesanan sebelum kami membongkar pesananmu dari armada transportasi kami loh!


Oke, yuk balik lagi ke pengukuran besi beton!


Pertama-tama kamu harus mengetahui ukuran diameter besi yang kamu beli. Ketika kamu melakukan pengukuran diameter besi beton dengan sketmat, upayakan untuk mengukurnya dari beberapa sisi sebanyak beberapa kali. Hal ini fungsinya supaya kamu bisa mencari rata-rata diameter dari besi beton tersebut.


Misalnya, dari pengukuran sketmat besi beton polos 10 SNI, kamu mendapatkan diameter :




Ambil Sket Terkecil dan Terbesar lalu cari RATA-RATAnya:

9,54 + 9,78 = 19,32

19,32 : 2 = 9.66 mm


CARA HITUNG BERAT SEBATANG BESI BETON


Berat = diameter x diameter x 0.006165 x 12*

= 9.66 x 9.66 x 0.006165 x 12

= 6.90 kg (*panjang besi beton selalu 12 meter)


Ternyata, berat sebatang besi beton polos 10 SNI yang kamu pesan kali ini adalah 6,90 kg. Nah kalau kamu sudah paham bagaimana cara menghitung berat sebatang besi beton, di artikel selanjutnya, kami akan menginformasikan bagaimana caranya menghitung harga besi beton per kilogramnya.


Gimana, sebenarnya gak sulit kan menghitung berat besi beton?


© 2020 PT. RIAPUTRA METALINDO

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • LinkedIn

Info dan Order:

082131161505

Jawa Timur, Indonesia