PT. RIAPUTRA

METALINDO

Cari
  • Riaputra Metalindo

Cara Menghitung Harga Besi Beton Per Kg!

Diperbarui: Jan 5

Pernah nggak sih kamu mencentang kolom harga tertinggi ketika ingin membeli barang di marketplace ?

Hmm kalau kamu Rafathar, bisa jadi begitu kali ya.. Tapi sayangnya, kita semua masih Warga Negara Indonesia biasa, Gan :D




Bagi kebanyakan orang, harga adalah pertimbangan utama ketika kita akan membeli sebuah produk sebelum mempertimbangkan faktor lain-lainnya. Apalagi barang yang akan dibeli adalah komoditas golongan logam, kualitas akan menjadi nomer sekian dibandingkan dengan angka rupiahnya. Nggak salah kok, justru kalau kamu berhasil menemukan harga yang seksi dengan barang yang cantik, kamu bakalan cuan gedhe!


Sama halnya di bisnis besi, kamu pasti akan membandingkan harga dari beberapa toko atau distributor, sebelum akhirnya menentukan akan membeli kebutuhan besimu di toko yang mana. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi dan kehadiran marketplace, semakin memudahkanmu dalam mendapatkan referensi harga tanpa harus bertanya kepada penjualnya terlebih dahulu. Self-service, begitu istilahnya.


Lalu setelah menemukan beberapa referensi harga, pilihanmu jatuh di toko yang seperti apa nih? Sebenarnya, rahasia terpenting untuk menentukan mahal atau murahnya besi itu ditentukan oleh harga per kilogramnya saja. Rahasia ini sudah menjadi rahasia terbuka dan universal yang diterapkan pebisnis besi di seluruh dunia. Maka dari itu, penting loh buat kalian mengetahui bagaimana caranya mengetahui besi di toko A itu mahal atau murah.


CARA HITUNG HARGA BESI BETON

Kamu sudah bisa menghitung berat besi betonnya kan? Kalau belum, coba deh kalian baca dulu artikel cara hitung berat besi beton (hyperlink) ini!


Jika kamu sudah memahami cara mendapatkan berat besi beton, tinggal cari tahu harga besi per kg-nya deh. Begini rumusnya :

Harga/kg = Harga per batang

Sket x Sket x 0.006165 x 12


Misalnya, kamu akan membeli besi beton polos 10 SNI sertifikat dengan harga per batang dari penjualnya adalah Rp 57.650.


Setelah kamu menghitung berat besi beton, sket rata-rata yang didapat dari besi beton polos 10 SNI ini adalah 9.57 mm (9.6 mm). Jadi, berapakah harga besi beton polos 10 SNI ini per kg-nya?


Harga/kg = 57.650

9.6 x 9.6 x 0.006165 x 12


= Rp. 8.456 / kg


Nah sekarang kamu sudah tahu kan berapa harga per kg besi beton polos 10 SNI dengan skenario di atas? Dari harga per kg ini, bisa kamu jadikan perbadingan deh di penjual mana yang menjual besi kebutuhanmu dengan harga termurah dan tidak menipu secara ukuran. Semoga artikelnya bermanfaat dan kita semua bisa untung bersama ya!

© 2020 PT. RIAPUTRA METALINDO

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • LinkedIn

Info dan Order:

082131161505

Jawa Timur, Indonesia