PT. RIAPUTRA

METALINDO

Cari
  • Riaputra Metalindo

Apa itu Wiremesh dan Bagaimana Cara Menghitung Berat Wiremesh

Diperbarui: Mar 19

Apakah kamu sudah membaca postingan RPM tentang cara menghitung berat besi beton?


Kali ini RPM akan menjelaskan tentang bagaimana cara menghitung berat wiremesh. Sebelum itu, apakah kamu sudah tahu apa itu wire mesh? Kegunaan wiremesh untuk apa sih sebenarnya?


Wiremesh sendiri merupakan besi yang biasa digunakan dalam konstruksi proyek pembangunan yang terbuat dari bahan wire rod. Wiremesh bentuknya berupa lembaran dan gulungan atau roll. Untuk dimensi lembaran wiremesh memiliki panjang 5,4 meter dan lebar 2,1 meter.

Bentuk wiremesh yang besar disebabkan oleh adanya spasi dari batang-batang besi pembentuk wiremesh. Setiap lembar wiremesh standar terdiri dari 15 batang sepanjang 5,4 meter dan 36 batang besi sepanjang 2,1 meter. Jadi, pastikan wiremesh yang kamu beli memiliki jumlah batang besi yang sesuai standar ya. Karena jika ada 1 atau 2 batang yang hilang, berarti kamu membeli wiremesh overhang yang tidak sesuai dengan standar.


Jarak spasi pada tiap batang wiremesh tipe M ini adalah 15 cm x 15 cm dan itu sudah sesuai Standar Nasional Indonesia. Wiremesh yang dilas menggunakan mesin khusus memiliki tingkat kepresisian yang baik. RPM juga menggunakan mesin khusus wiremesh untuk memproduksinya.


Jika ukuran lembaran wiremesh selalu sama, diameter batang besi pada wiremesh beragam ya teman-teman. Ukuran yang tersedia biasanya dikenal dengan sebutan M5, M6, M7, M8 dan M10. Ada ukuran lain selain 5 ukuran tersebut tetapi 5 ukuran ini yang paling umum digunakan.


Nah sekarang kita coba hitung berat wiremesh yuk!

Kita ambil contoh wiremesh untuk dak cor lantai 2 rumah M8 dengan ukuran sket diameter 7,7 mm.


Rumus menghitung berat wiremesh :

Sket x sket x 0,965439

= 7,7 x 7,7 x 0,965439

= 57,24 kg/lembar


Jadi untuk wiremesh M8 dengan ukuran sket 7,7 mm memiliki berat 57,24 kg per lembarnya. Dengan tahu berat perlembar, kamu bisa membandingkan harga wiremesh perkilonya dengan penjual lain karena berat besi dihitung berdasarkan kilonya.


Mahal atau tidaknya besi dilihat dari harga perkilonya teman-teman.


Mudah kan menghitungnya?

Jangan lupa diterapkan ya ilmunya agar kamu bisa memilih wiremesh yang tepat dan sesuai kebutuhanmu. Ingin lebih mengenal besi dan bisnisnya? Follow aja akun Instagram RPM di @riaputrametalindo.


© 2020 PT. RIAPUTRA METALINDO

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • LinkedIn

Info dan Order:

082131161505

Jawa Timur, Indonesia