• Riaputra Metalindo

Perbedaan Kawat Bendrat dan Kawat Drawing

Diperbarui: Sep 14

Bapak pasti pernah menemui kawat drawing bentuk rol/gulungan yang lebih dikenal dengan istilah kawat paku. Tampilan kawat drawing sangat mirip dengan kawat bendrat, apalagi jika ukuran diameternya sama.

Sebenarnya apa sih bedanya?


Sebelumnya, apa Bapak sudah tahu mengenai proses pembuatan kawat drawing dan kawat bendrat? Karena proses pembuatan besi dapat mempengaruhi sifat dari besi itu sendiri.


KAWAT DRAWING/WIRE DRAWING

Kawat drawing merupakan kawat yang ditarik dari wire rod menggunakan metode cold drawing (di RPM), yaitu proses penarikkan menggunakan suhu ruangan. Proses drawing ini menggunakan dies atau cetakan dari besi untuk membuat ukuran diameter besi yang lebih kecil. Setelah itu, kawat yang sudah ditarik (kawat drawing) diluruskan untuk dipotong atau digulung menggunakan mesin sehingga bentuknya berupa roll.


Metode cold drawing menghasilkan kawat drawing yang sifatnya tidak terlalu lentur, tetapi juga tidak terlalu kaku. Meski begitu, kawat drawing memiliki sifat yang lebih kaku daripada kawat bendrat. Dengan sifat yang demikian, kawat drawing sangat cocok untuk diaplikasikan dalam pembuatan macam-macam jenis kerajinan.


Salah satu produk hasil buatan dari kawat drawing adalah paku kayu. Selain itu, kawat drawing juga dapat digunakan untuk proses pembuatan baut, variasi mobil, peralatan dapur, jeruji sepeda, dan lain-lain.


KAWAT BENDRAT

Kawat bendrat memiliki sifat yang lebih lentur dibanding kawat drawing. Hal ini disebabkan oleh proses pembuatan kawat bendrat yang lebih panjang dibanding kawat drawing. Bahan baku pembuatan bendrat awalnya ditarik dengan proses hot drawing lalu didinginkan dulu untuk membentuk kelenturan kawat yang biasa disebut sebagai metode annealing.


Untuk bendrat sendiri, RPM tidak akan banyak menjelaskan proses pembuatannya karena kami tidak produksi sendiri bendrat kami, Pak.


Kawat bendrat lebih banyak digunakan sebagai alat ikat rangka tulangan struktur baja pada konstruksi. Karena ukuran diameter yang lebih kecil dari kawat drawing dan kelenturannya lebih tinggi, kawat ini sangat cocok untuk dijadikan alat ikat. Tapi tidak semua merk bendrat memiliki kelenturan yang sama, Pak.


Karena proses pembuatan besi akan mengubah & mempengaruhi sifat besi yang dihasilkan.

Nah, sekarang mari kita masuk ke pembahasan dari segi harganya!


Harga kawat bendrat cenderung lebih mahal daripada kawat drawing karena untuk proses pembuatannya sendiri dibutuhkan proses yang lebih panjang. Untuk membuktikannya, cek aja Pak harga besi di RPM bisa dibandingkan lho perbedaan harga bendrat dan kawat drawing. Cek aja disini dijamin update Pak!


22 tampilan0 komentar