1/4

Wiremesh

Besi wiremesh merupakan besi dengan bentuk seperti kawat dan dianyam dengan jarak tiap besinya 15 cm. Di Indonesia, wiremesh lebih dikenal dengan nama kawat atau besi anyam. Ini dikarenakan bentuknya yang kotak-kotak seperti kawat atau besi yang di anyam.

PT. Riaputra Metalindo memproduksi wiremesh standard dengan ukuran M5, M6, M7, M8, dan M10. Untuk wiremesh ukuran M5 dan M6 ada yang lembaran dan roll, sedangkan ukuran wiremesh M7-M10 hanya berupa lembaran. Wiremesh banyak digunakan oleh kontraktor, distributor bahan bangunan, toko bangunan dan juga pembuat kolam tambak.

Kegunaan Wiremesh

​Wiremesh mulanya adalah hasil inovasi dari rangkaian besi beton yang diikat menggunakan bendrat untuk pemasangan struktur lantai pada bangunan. Karena luas penampangnya yang cukup besar, wiremesh sangat cocok untuk konstruksi pada permukaan datar.

Kegunaan wiremesh lebih terbatas dibandingkan dengan besi beton, tetapi wiremesh memiliki beberapa keuntungan dibandingkan menggunakan teknik pemasangan struktur lantai tradisional. Adapun kegunaan wiremesh yang umum kita jumpai adalah:

  • Lantai rumah bertingkat

  • Penguat atau tulangan untuk lantai (rumah, gudang, gedung bertingkat)

  • Membuat kolam tambak

  • Pengecoran jalan raya dan jalan tol

  • Membuat trotoar

Image by Mateus Campos Felipe
WM M6 54.webp

Cara Menghitung Berat Wiremesh

Wiremesh memiliki 2 bentuk, yaitu lembaran dan gulungan/rol. Wiremesh lembaran memiliki ukuran panjang 5,4 meter dan lebar 2,1 meter. Sedangkan wiremesh gulungan memiliki panjang 10x lipat panjang wiremesh lembaran, yaitu 54 meter dan lebarnya sama 2,1 meter.

 

Untuk menghitung berat wiremesh, pastikan Bapak/Ibu paham cara untuk mengukur diameter besi menggunakan jangka sorong. Dengan mengetahui diameter besi, hasil diameter terbesar dan terkecil nanti dirata-rata lalu dihitung menggunakan rumus.

RUMUS:

diameter x diameter x 0,965439

Contoh wiremesh M7 diameter 6,3 mm

= 6,3 x 6,3 x 0,965439

= 38,32 kg

Contoh wiremesh M5 roll diameter 4,3 mm

= 4,3 x 4,3 x 0,965439 x 10

178,51 kg

Cara Menghitung Harga Wiremesh
per kg

Budi adalah seorang kontraktor yang hendak membangun proyek perumahan di Surabaya. Lalu Budi pergi ke toko bangunan terdekat dan terlengkap di kotanya untuk membeli wiremesh dan besi lain yang dibutuhkannya. Sebelumnya Budi telah mencari harga besi perkilo di internet dan memutuskan untuk mengecek langsung ke toko bangunan. Kemudian ia menanyakan besi wiremesh M8 kepada pemilik toko. Harga wiremesh M8 untuk sket 7,7 mm diberikan harga Rp 505.000 per lembar.

Budi ingin membandingkan harga dengan toko bangunan lainnya dengan menghitung harga wiremesh M8 per kg nya berapa.

= Harga per lembar : (sket x sket x 0,965439)

= 505.000 : (7,7 x 7,7 x 0,965439)

= Rp 8.823/kg

Harga per kg

Jadi untuk harga wiremesh M8 per kg adalah Rp 8.823

Berat WM.webp

Tabel Berat Wiremesh RPM

Harga Wiremesh

Harga wiremesh seperti besi pada umumnya dipengaruhi oleh berat wiremesh tersebut. Untuk mengetahui harga wiremesh terbaru setiap harinya, Bapak/Ibu bisa langsung klik link di bawah ini.